KURIKULUM PPG
I c. PEMBELAJARAN PROGRAM PPG DALAM JABATAN
Pembelajaran Program PPG Dalam Jabatan dilaksanakan melalui alur tahapan kegiatan yang merupakan penjabaran dari 3 mata kuliah sebagaimana disampaikan pada struktur kurikulum. Alur tahapan pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan disajikan pada Gambar 2.1.
Rincian kegiatan dari alur 7 tahapan pelaksanaan pembelajaran Program PPG Dalam Jabatan diuraikan sebagai berikut.
- A. Pendalaman Materi (5 sks, 30 Hari)
- Definisi
- Kegiatan pendalaman materi melalui belajar mandiri ini merupakan kegiatan pertama dari 7 tahapan kegiatan PPG Dalam Jabatan.
- b. Kegiatan Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dan daring (bukan melalui tatap muka) untuk mempelajari/mendalami materi PPG, berdiskusi, dan berlatih menjawab soal secara daring di bawah bimbingan instruktur PP
- c. Kegiatan ini memiliki bobot 5 sks dan diselesaikan dalam waktu 30 ha Mahasiswa diwajibkan tuntas dalam mempelajari 6 modul Profesional, dan 4 modul Pedagogik. Masing-masing modul terdiri atas
4 kegiatan belajar (KB). Jadi, jumlah modul sebanyak 10 modul atau 40
KB.
- Tujuan
Tujuan dari Kegiatan pendalaman materi melalui belajar mandiri ini adalah membekali mahasiswa di awal kegiatan PPG Dalam Jabatan mengenai materi bidang studi, pedagogik, TPACK, dan HOTS agar mahasiswa menguasai materi bidang sutdi, pedagogi sebagai bekal di dalam melakukan perancangan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Disamping itu mahasiswa diharapkan sukses dalam tahap Uji Kompetensi Mahasiswa PPG.
- Aktivitas mahasiswa
- Mahasiswa wajib mempelajari secara mandiri 6 modul Bidang Studi
(terdiri atas 24 KB) dan 4 modul Pedagogik (terdiri atas 16 KB).
- b. Untuk bisa mengakses modul secara daring, maka mahasiswa masuk melalui laman: https://ppkemdikbud.go.id
- c. Setiap 3 hari, mahasiswa wajib menyelesaikan pembelajaran 1 modul
(4 KB) dan menguasai materi yang disajikan dalam modul tersebut.
- d. Mahasiswa wajib mengikuti secara aktif diskusi yang dipandu oleh dose
- e. Mahasiswa wajib mengerjakan tes formatif di akhir KB dan tes sumatif di akhir modul.
- f. Mahasiswa melakukan refleksi atas aktivitas pendalaman mate
- Aktivitas Dosen
- Dosen wajib memastikan bahwa semua mahasiswa mempelajari modul sesuai dengan jadwalnya. Hal yang bisa dilakukan antara lain dengan memberikan salam, sapa, memberi motivasi secara daring melalui aplikasi.
- b. Dosen wajib memandu diskusi selama mahasiswa mempelajari materi secara da Diskusi bisa dilakukan dengan cara saling tanya jawab,
maupun memberikan pendalaman materi untuk memperkaya, memperdalam, memperluas hal yang disajikan dalam modul menuju HOTS dan TPACK.
- c. Dosen memberikan penilaian keaktifan diskusi melalui da
- d. Dosen memberikan evaluasi tes formatif dan sumatif untuk setiap modul.
- e. Dosen melakukan refleks
Sebelum kegiatan pendalaman materi bidang studi dan pedagogik, dilakukan penyajian materi tentang penguatan integritas selama 2 hari dengan jadwal sebagai berikut.
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Instruktur |
||
Hari I |
|||
07.30 – 16.00 (8 JP) atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Belajar Mandiri Modul Penguatan Integritas (KB 1 – KB 4) (asinkron) |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu instruktur. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Instruktur memberikan arahan pendalaman materi. Instruktur memandu diskusi dan Tanya jawab Instruktur memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
Hari II |
|||
07.30 – 12.00 (4 JP) |
Studi kasus (video yang telah disiapkan oleh Tim) |
Mengamati video yang telah disiapkan oleh Tim. Menganalisis dan memenuhi permintaan sesuai dengan yang telah ditentukan. Melaporkan hasil analisis |
Memastikan peserta telah melakukan sesuai dengan petunjuk. |
13.00 – 16.00 (4 JP) |
Refleksi dan penutupan |
Melakukan refleksi pembelajaran modul Penguatan Integritas. • Pengalaman baru apa yang diperoleh. • Nilai nilai apa yang diperoleh. • Materi apa yang paling menarik dan |
Memfasilitasi refleksi |
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Instruktur |
||
bermanfaat untuk mencapai guru berintegritas. • Materi apa yang masih sulit dipahami. • Apa yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan memahami materi. |
Untuk mempermudah penjelasan mengenai pendalaman materi bidang studi dan pedagogi, maka aktivitas mahasiswa dan dosen disajikan pada tabel berikut:
(Hari ke-1 sampai Hari ke-30)
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Dosen |
||
Hari 1 07.30 – 08.15 |
Introduction (sinkron) |
Mahasiswa menyiapkan diri, melakukan salam sapa dengan dosen, dan menyimak instruksi, informasi, motivasi dari dosen. |
Dosen memastikan bahwa semua mahasiswa mempelajari modul sesuai dengan jadwalnya. Dosen memberikan salam, sapa, memberi motivasi secara daring melalui aplikasi. |
08.15 – 12.00 13.00 – 17.00 atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Belajar Mandiri Modul 1 (KB 1 – KB 4) (asinkron) |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu dosen. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Dosen memberikan arahan pendalaman materi. Dosen memandu diskusi dan Tanya jawab. Dosen memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
Hari 2 07.30 – 12.00 13.00 – 17.00 |
Belajar Mandiri Modul 1 (KB 1 – |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi |
Dosen memberikan arahan pendalaman materi. |
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Dosen |
||
atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
KB 4) (asinkron) |
dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu dosen. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Dosen memandu diskusi dan Tanya jawab Dosen memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
Hari 3 07.30 – 12.00 atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Belajar Mandiri Modul 1 (KB 1 – KB 4) (asinkron) |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu dosen. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Dosen memberikan arahan pendalaman materi. Dosen memandu diskusi dan Tanya jawab. Dosen memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
13.00 – 15.00 atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Evaluasi Modul 1 (asinkron) |
Mahasiswa berlatih mengerjakan tes sumatif |
Dosen memastikan peserta mengerjakan tes sumatif |
15.15.- 17.00 |
Refleksi Modul 1 (Sinkron) |
Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi atas pendalaman materi Modul 1 (KB 1 – KB 4). 1. Pengalaman apa yang diperoleh pada pendalaman materi Modul 1? 2. Apa pembelajaran terbaik dalam pendalaman materi Modul 1? 3. Apa hambatan yang dialami dalam pendalaman materi Modul 1? 4. Materi apa yang belum dikuasai? 5. Apa yang akan dilakukan untuk sukses di pendalaman materi Modul berikutnya? 6. Hasil refleksi untuk perbaikan. |
|
Kegiatan selama 3 hari (hari 1 – hari 3) akan berulang selama 30 hari. Setiap 3 hari menyelesaikan 1 modul yang terdiri atas 4 KB. |
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Dosen |
||
Dengan demikian, selama 30 hari akan menyelesaikan 10 Modul (40 KB) yang terdiri atasi 6 modul (24 KB) bidang studi, dan 4 modul (16 KB) pedagogik. |
- Tagihan kinerja
Tagihan kinerja pada tahapan ini yang harus dipenuhi oleh mahasiswa setelah menyelesaikan pendalaman materi setiap modul adalah :
- 1. Menyelesaikan tes formatif sebanyak 4 set
- 2. Menyelesaikan tes sumatif sebanyak 1 set
I c. PEMBELAJARAN PROGRAM PPG DALAM JABATAN
Pembelajaran Program PPG Dalam Jabatan dilaksanakan melalui alur tahapan kegiatan yang merupakan penjabaran dari 3 mata kuliah sebagaimana disampaikan pada struktur kurikulum. Alur tahapan pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan disajikan pada Gambar 2.1.
Gambar 2.1: Alur pelaksanaan Program PPG Dalam Jabatan secara daring
Rincian kegiatan dari alur 7 tahapan pelaksanaan pembelajaran Program PPG Dalam Jabatan diuraikan sebagai berikut.
- A. Pendalaman Materi (5 sks, 30 Hari)
- Definisi
- Kegiatan pendalaman materi melalui belajar mandiri ini merupakan kegiatan pertama dari 7 tahapan kegiatan PPG Dalam Jabatan.
- b. Kegiatan Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dan daring (bukan melalui tatap muka) untuk mempelajari/mendalami materi PPG, berdiskusi, dan berlatih menjawab soal secara daring di bawah bimbingan instruktur PP
- c. Kegiatan ini memiliki bobot 5 sks dan diselesaikan dalam waktu 30 ha Mahasiswa diwajibkan tuntas dalam mempelajari 6 modul Profesional, dan 4 modul Pedagogik. Masing-masing modul terdiri atas
4 kegiatan belajar (KB). Jadi, jumlah modul sebanyak 10 modul atau 40
KB.
- Tujuan
Tujuan dari Kegiatan pendalaman materi melalui belajar mandiri ini adalah membekali mahasiswa di awal kegiatan PPG Dalam Jabatan mengenai materi bidang studi, pedagogik, TPACK, dan HOTS agar mahasiswa menguasai materi bidang sutdi, pedagogi sebagai bekal di dalam melakukan perancangan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Disamping itu mahasiswa diharapkan sukses dalam tahap Uji Kompetensi Mahasiswa PPG.
- Aktivitas mahasiswa
- Mahasiswa wajib mempelajari secara mandiri 6 modul Bidang Studi
(terdiri atas 24 KB) dan 4 modul Pedagogik (terdiri atas 16 KB).
- b. Untuk bisa mengakses modul secara daring, maka mahasiswa masuk melalui laman: https://ppkemdikbud.go.id
- c. Setiap 3 hari, mahasiswa wajib menyelesaikan pembelajaran 1 modul
(4 KB) dan menguasai materi yang disajikan dalam modul tersebut.
- d. Mahasiswa wajib mengikuti secara aktif diskusi yang dipandu oleh dose
- e. Mahasiswa wajib mengerjakan tes formatif di akhir KB dan tes sumatif di akhir modul.
- f. Mahasiswa melakukan refleksi atas aktivitas pendalaman mate
- Aktivitas Dosen
- Dosen wajib memastikan bahwa semua mahasiswa mempelajari modul sesuai dengan jadwalnya. Hal yang bisa dilakukan antara lain dengan memberikan salam, sapa, memberi motivasi secara daring melalui aplikasi.
- b. Dosen wajib memandu diskusi selama mahasiswa mempelajari materi secara da Diskusi bisa dilakukan dengan cara saling tanya jawab,
maupun memberikan pendalaman materi untuk memperkaya, memperdalam, memperluas hal yang disajikan dalam modul menuju HOTS dan TPACK.
- c. Dosen memberikan penilaian keaktifan diskusi melalui da
- d. Dosen memberikan evaluasi tes formatif dan sumatif untuk setiap modul.
- e. Dosen melakukan refleks
Sebelum kegiatan pendalaman materi bidang studi dan pedagogik, dilakukan penyajian materi tentang penguatan integritas selama 2 hari dengan jadwal sebagai berikut.
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Instruktur |
||
Hari I |
|||
07.30 – 16.00 (8 JP) atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Belajar Mandiri Modul Penguatan Integritas (KB 1 – KB 4) (asinkron) |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu instruktur. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Instruktur memberikan arahan pendalaman materi. Instruktur memandu diskusi dan Tanya jawab Instruktur memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
Hari II |
|||
07.30 – 12.00 (4 JP) |
Studi kasus (video yang telah disiapkan oleh Tim) |
Mengamati video yang telah disiapkan oleh Tim. Menganalisis dan memenuhi permintaan sesuai dengan yang telah ditentukan. Melaporkan hasil analisis |
Memastikan peserta telah melakukan sesuai dengan petunjuk. |
13.00 – 16.00 (4 JP) |
Refleksi dan penutupan |
Melakukan refleksi pembelajaran modul Penguatan Integritas. • Pengalaman baru apa yang diperoleh. • Nilai nilai apa yang diperoleh. • Materi apa yang paling menarik dan |
Memfasilitasi refleksi |
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Instruktur |
||
bermanfaat untuk mencapai guru berintegritas. • Materi apa yang masih sulit dipahami. • Apa yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan memahami materi. |
Untuk mempermudah penjelasan mengenai pendalaman materi bidang studi dan pedagogi, maka aktivitas mahasiswa dan dosen disajikan pada tabel berikut:
(Hari ke-1 sampai Hari ke-30)
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Dosen |
||
Hari 1 07.30 – 08.15 |
Introduction (sinkron) |
Mahasiswa menyiapkan diri, melakukan salam sapa dengan dosen, dan menyimak instruksi, informasi, motivasi dari dosen. |
Dosen memastikan bahwa semua mahasiswa mempelajari modul sesuai dengan jadwalnya. Dosen memberikan salam, sapa, memberi motivasi secara daring melalui aplikasi. |
08.15 – 12.00 13.00 – 17.00 atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Belajar Mandiri Modul 1 (KB 1 – KB 4) (asinkron) |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu dosen. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Dosen memberikan arahan pendalaman materi. Dosen memandu diskusi dan Tanya jawab. Dosen memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
Hari 2 07.30 – 12.00 13.00 – 17.00 |
Belajar Mandiri Modul 1 (KB 1 – |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi |
Dosen memberikan arahan pendalaman materi. |
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Dosen |
||
atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
KB 4) (asinkron) |
dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu dosen. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Dosen memandu diskusi dan Tanya jawab Dosen memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
Hari 3 07.30 – 12.00 atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Belajar Mandiri Modul 1 (KB 1 – KB 4) (asinkron) |
Mahasiswa mengakses modul dan melakukan pendalaman materi dengan mempelajari modul 1 (KB 1 – KB 4). Mahasiswa aktif diskusi dipandu dosen. Mahasiswa mengerjakan tes formatif di akhir KB |
Dosen memberikan arahan pendalaman materi. Dosen memandu diskusi dan Tanya jawab. Dosen memastikan peserta mengerjakan tes formatif di akhir KB. |
13.00 – 15.00 atau jam lain yang ekuivalen dengan beban/lama belajar tersebut |
Evaluasi Modul 1 (asinkron) |
Mahasiswa berlatih mengerjakan tes sumatif |
Dosen memastikan peserta mengerjakan tes sumatif |
15.15.- 17.00 |
Refleksi Modul 1 (Sinkron) |
Mahasiswa dan dosen melakukan refleksi atas pendalaman materi Modul 1 (KB 1 – KB 4). 1. Pengalaman apa yang diperoleh pada pendalaman materi Modul 1? 2. Apa pembelajaran terbaik dalam pendalaman materi Modul 1? 3. Apa hambatan yang dialami dalam pendalaman materi Modul 1? 4. Materi apa yang belum dikuasai? 5. Apa yang akan dilakukan untuk sukses di pendalaman materi Modul berikutnya? 6. Hasil refleksi untuk perbaikan. |
|
Kegiatan selama 3 hari (hari 1 – hari 3) akan berulang selama 30 hari. Setiap 3 hari menyelesaikan 1 modul yang terdiri atas 4 KB. |
Waktu |
Kegiatan |
Aktivitas |
|
Mahasiswa |
Dosen |
||
Dengan demikian, selama 30 hari akan menyelesaikan 10 Modul (40 KB) yang terdiri atasi 6 modul (24 KB) bidang studi, dan 4 modul (16 KB) pedagogik. |
- Tagihan kinerja
Tagihan kinerja pada tahapan ini yang harus dipenuhi oleh mahasiswa setelah menyelesaikan pendalaman materi setiap modul adalah :
- 1. Menyelesaikan tes formatif sebanyak 4 set
- 2. Menyelesaikan tes sumatif sebanyak 1 set
Tagihan di atas adalah untuk setiap modul. Jadi keseluruhan tagihan kinerja untuk pendalaman materi 10 modul adalah 40 set tes formatif dan
10 set tes sumatif
Tagihan di atas adalah untuk setiap modul. Jadi keseluruhan tagihan kinerja untuk pendalaman materi 10 modul adalah 40 set tes formatif dan
10 set tes sumatif.
Gambar 2.1: Alur pelaksanaan Program PPG Dalam Jabatan secara daring
